Anda Mudah Lemas

Badan lemas terus dan terasa sangat lelah meskipun sudah tidur cukup? Mudah merasa badan capek duluan padahal belum melakukan aktivitas yang berat? Ketika badan terasa lemas, pastinya Anda tidak semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam dunia medis sendiri, badan lemas kerap disebut sebagai asthenia, yaitu rasa lemas menyeluruh karena disebabkan berbagai hal. Kondisi ini terjadi ketika kekuatan tubuh berkurang, sehingga Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bergerak.Biasanya badan lemas menyerang area tubuh tertentu, seperti lengan dan kaki. Terkadang, penderita badan lemas akan mengalami tremor, kesulitan menggerakkan bagian tubuh, dan merasakan kedutan pada area yang lemas. Tak jarang, kondisi tersebut dapat menjalar hingga ke seluruh tubuh, sehingga Anda tidak dapat melakukan apa pun.

Secara umum, kondisi badan lemas dapat terbagi menjadi dua, yaitu badan lemas akibat masalah psikis dan badan lemas akibat masalah fisik. Badan lemas karena faktor psikis terjadi ketika Anda merasa lemas bukan akibat masalah pada tubuh, tapi karena adanya gangguan psikologis atau kejiwaan. Jika badan lemas terus menerus meski sudah beristirahat, Anda perlu berhati-hati. Berikut beberapa penyebab badan terasa lemas:

Biasakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam. Buatlah suasana tidur Anda nyaman dengan merapikan dulu selimut dan barang-barang yang ada di atasnya.

a. Gangguan tidur (Sleep apnea)

Kurang tidur dan gangguan tidur atau sleep apnea berbeda. Gangguan tidur adalah kondisi dimana Anda berhenti bernapas selama beberapa kali saat sedang tidur. Hal ini merupakan masalah serius yang perlu diperhatikan. Mereka yang mengalami sleep apnea kerap tidak sadar ketika mereka berhenti bernapas secara sementara.

Sleep apnea ditandai dengan kebiasaan mendengkur saat tidur, badan terasa lemas dan kehilangan oksigen saat siang hari. Untuk menghindari hal ini, Anda harus berhenti merokok, menjaga berat badan tetap ideal, hindari alkohol, kurangi kafein, dan tidak makan berat sebelum tidur.

b. Stress

Bukan hanya karena faktor fisik, badan lemas pun bisa datang dari faktor psikis seseorang. Salah satunya adalah stress. Ini bisa disebabkan banyak hal seperti beban pekerjaan, tugas kuliah yang menumpuk, masalah keluarga, atau stress karena pasangan. Untuk itu, Anda harus berusaha rileks dan mencoba menyelesaikan penyebab stress satu per satu. Jangan malu jika Anda membutuhkan orang lain untuk sekadar bercerita atau meminta saran.

c. Anemia

Kurang darah (anemia) adalah kondisi saat tubuh Anda kekurangan sel darah merah yang berfungsi menghasilkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika Anda mengalami anemia, badan akan terasa lemas, sakit kepala, pusing kunang-kunang, dan tidak jarang mengalami sesak napas. Sesak napas ini dikarenakan pasokan oksigen ke seluruh tubuh berkurang atau terhambat.

Untuk menghindari anemia, Anda harus pastikan melengkapi makanan Anda dengan gizi seimbang. Contohnya protein yang banyak mengandung zat besi (ayam, daging sapi, hati ayam/sapi, bayam, dan sayuran hijau berwarna pekat lainnya. Selain itu, Anda bisa meminum suplemen penambah darah dan juga multivitamin.

d. Kurang asupan makanan

Makan yang banyak saja tidak cukup untuk membuat badan berenergi. Makan-makanan yang bergizi bukan hanya menyehatkan, melainkan juga membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizi harian dengan makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang cukup. Hindari makanan berlemak seperti gorengan yang sedikit mengandung zat gizi.

Badan lemas karena beberapa penyebab di atas tentu berbeda dengan badan lemas karena terkena virus yang dialami pada masa pandemi saat ini. Badan lemas karena virus ini disertai ciri-ciri lain seperti demam, batuk, sesak napas, kehilangan indera pencium dan bukan hanya letih/lesu. Jika badan Anda lemas disertai ciri-ciri tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Agar badan selalu fit dan terhindar dari rasa lemas yuk terapkan tips berikut.

a. Tidur yang cukup
b. Konsumsi asupan bernutrisi
c. Istirahat yang cukup
d. Kelola stress

Produk terkait :

1. Noni Plus

2. Chlorophyll Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Judi Online
Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook