Penyakit Arthritis

Apa Itu Penyakit Arthritis ?

Penyakit Arthritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada sendi yang dapat menyerang beberapa sendi. Umumnya, terdapat dua jenis penyakit arthritis yang sering ditemui yaitu Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis.

Apa Itu Rheumatoid Arthritis ?

Dahulu Rheumatoid Arthritis adalah penyakit yang umumnya diderita pada orang-orang berusia 40 hingga 50 tahun. Bagian pertama yang akan berdampak adalah bagian pelindung luar sendi. Lalu selanjutnya, peradangan akan menyebar ke sendi yang ada di sekitarnya. Pada umumnya, jika seseorang mengidap RA akan terjadi perubahan pada bentuk sendinya yang akan mengakibatkan tulang rawan atau patah tulang. Jika kondisi RA semakin parah, hal ini dapat memicu dampak lainnya seperti masalah pada organ dan jaringan. Sekarang RA menjadi satu darisekian ratus diagnosa jenis penyakit autoimun. Sehingga pengelolaan RA menjadi sebuah tindakan komprehensif dan holistik, karena masalah nya menjadi kompleks tidak terbatas di persendian saja.

Apa Itu Osteoarthritis (OA)?

Osteoarthritis adalah kondisi dimana terjadi peradangan dan penipisan pada lapisan tulang rawan sendi yang menyebabkan nyeri dan kesulitan bergerak bagi pengidapnya. Orang-orang berusia paruh baya umumnya memiliki risiko tinggi mengidap OA, terutama pada akhir usia 40-an atau lebih tua. Pada kasus OA, kehilangan tulang rawan ini dapat menyebabkan beberapa dampak seperti tulang saling bergesekan, mengubah bentuk sendi, serta memaksa sendi keluar dari posisi normalnya. Bagian tubuh yang biasanya terkena OA adalah tulang belakang, sendi tangan, pinggul, dan lutut.

Penyebab Arthritis

Arthritis merupakan penyakit yang terjadi ketika terjadi peradangan pada jaringan tulang rawan yang menyebabkan gangguan fungsi sendi. Tulang rawan sendiri merupakan bagian yang berfungsi melindungi tulang agar tidak saling bergesekan satu sama lain ketika sedang bergerak. Penyebab arthritis ini ada berbagai macam tergantung dari jenisnya.

Rheumatoid Artritis adalah jenis arthritis yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi yang merupakan membran yang menutupi bagian-bagian sendi. Lapisan kapsul sendi ini dikenal juga sebagai membran sinovial, bagian ini mengalami peradangan sehingga menimbulkan bengkak. Jika semakin parah, hal ini dapat mengakibatkan tulang rawan rusak bahkan masalah pada organ dan jarigan.
Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang melibatkan kerusakan dan robeknya tulang rawan sendi yang merupakan lapisan licin dan keras pada ujung tulang. Hal inilah yang menyebabkan tulang saling bergesekan langsung dan timbul nyeri serta menyebabkan pergerakan menjadi terbatas. Masalah pada sendi ini mungkin dapat terjadi bertahun-tahun dan dapat dipercepat oleh infeksi dan cedera.

Gejala –  Gejala Arthritis

Pada umumnya, gejala arthritis yang terjadi antara lain seperti gerakan sendi menjadi terbatas, kemerahan yang timbul pada kulit di sekitar sendi, sendi terasa nyeri tanpa melakukan pergerakan, peradangan di dalam dan sekitar sendi, terjadi kekakuan dan pembengkakan pada sendi.

Faktor Risiko Arthritis

Arthritis memiliki beberapa faktor risiko, beberapa diantaranya adalah adanya riwayat cedera pada sendi, berat badan berlebih atau obesitas, serta melakukan aktivitas berat pada sendi.

Cara Mencegah Arthritis

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit arthritis adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga yang ringan dan teratur untuk menjaga fleksibilitas sendi. Olahraga yang cocok untuk pengidap arthritis diantaranya adalah berenang karena tidak memberikan tekanan sendi. Meskipun berolahraga, namun kita harus tetap menghindari aktivitas berlebihan yang mengakibatkan persendian. Perbanyak konsumsi makan makanan yang mengandung tinggi akan antioksidan untuk mencegah dan mengurangi peradangan sendi. Tidak lupa untuk menerapkan pola makan sehat dan tetap menjaga berat badan ideal untuk mengurangi risiko timbulnya arthritis dan mengurangi gejala bagi pengidap arthritis.

Lengkapi dengan mengonsumsi Noni Plus yang merupakan ramuan konsentrat terbuat dari Noni (Morinda citrifolia) atau yang lebih kenal sebagai mengkudu sebagai “ratu” dari semua tanaman yang dimanfaatkan sebagai tonik kesehatan oleh penduduk Polynesia dan kepulauan Pasifik sejak ribuan tahun lalu. Kandungan buah mengkudu dan ekstrak buah lainnya seperti delima, apel, bilberry, daun teh hijau, kulit anggur, anggur concord, anggur merah, raspberry merah, dan jus chokeberry yang tidak hanya memberikan rasa tropis yang menyegarkan namun juga memberikan manfaat bagi tubuh yang salah satunya adalah membantu mengurangi gejala peradangan sendi (arthritis).

Manfaat lainnya yang ada dalam kandungan Noni Plus adalah membantu melindungi sel dari serangan radikal bebas, membantu meningkatkan kesehatan jantung & pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu memperkuat sistem imun, membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri, membantu meningkatkan vitalitas tubuh, dan memiliki sifat antidepresan.

Jika merasa mengalami gejala-gejala dari arthritis, segera kunjungi layanan kesehatan terdekat. Yuk mulai lakukan pencegahan terhadap arthritis, karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap sehat, semangat, dan bahagia selalu. Salam sehat, Synergy WorldWide Indonesia.

Produk Terkait :

Noni Plus

  1. Reply

    Your Blog site is awesome and also there is a
    lot of good details right here!.

  2. Reply

    terrific and fantastic blog. I actually intend to thanks, for giving us
    far better information.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Judi Online
Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook