Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Sakit tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi, yang ditandai dengan rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yang akan menyebabkan pengidapnya terasa nyeri saat makan atau minum. Apalagi sekarang saat pandemi ini, sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala dari infeksi virus corona. Gejala ini mirip seperti saat seseorang mengalami pilek atau radang tenggorokan, beberapa orang pasti akan panik lantaran takut akan terkena virus tersebut.

Saat mengalami serangkaian gejalanya, jangan langsung memutuskan untuk mengonsumsi obat, ya! Karna Anda bisa melakukannya dengan cara alami! Berikut ini ada beberapa cara redakan sakit tenggorokan dengan bahan alam

1. Madu Murni

Madu dicampur dalam teh atau diminum langsung adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif dalam menghilangkan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti madu dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air garam

Salah satu cara redakan sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan air garam itu. Sebuah studi mengungkap bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Perlu diingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

3. Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint encer juga bisa mengobati sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan serta batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

Jangan pernah menggunakan minyak esensial tanpa mencampurkannya dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun, minyak almond manis, atau minyak kelapa lunak. Untuk minyak peppermint, campur lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pelengkap pilihan Anda. Jangan pernah mengonsumsi minyak esensial terlalu sering tanpa sebab.

4. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu redakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya.

Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah dalam kondisi mentah.

5. Air Lemon

Bahan alami pereda sakit tenggorokan selanjutnya memiliki rasa yang segar. Kamu dapat menggunakan air lemon yang kaya akan vitamin C sebagai pereda sakit tenggorokan. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C dalam air lemon juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh dapat melawan bakteri dengan mudah.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C tinggi mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, seperti batuk atau flu. Caranya dengan memeras air lemon, kemudian campurkan ke dalam air hangat. Jika ingin rasa yang lebih manis, ibu dapat menambahkan sesendok madu, air lemon dan madu mampu mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

6. Kunyit dan Jahe

Kunyit yang biasa digunakan untuk memperkuat rasa masakan, ternyata ampuh dalam mengurangi sakit tenggorokan. Caranya dengan melarutkan kunyit bubuk dan setengah sendok teh dalam air hangat. Lalu berkumur dengan air tersebut.

Sama seperti kunyit, jahe juga ampuh dalam membunuh bakteri di saluran pernapasan karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Caranya dengan mengonsumsi minuman dengan kandungan jahe, seperti teh jahe, wedang jahe, atau ekstrak jahe.

Nah berikutlah beberapa cara untuk menghilangkan sakit tenggorokan secara Alami, Anda juga bisa menggunakan beberapa produk Synergy seperti Chlorophyll Plus yang dilarutkan dengan air atau Anda bisa menggabungkan dengan Spirulina. Apabila Anda suka sensasi mint Anda bisa menuangkan sedikit Peppermint Oil dari Synergy kedalam teh hangat Anda dan opsi terakhir Anda bisa menganti bawang putih dengan Garlic dari Synergy tentunya lebih praktis.

Banyak sekali keuntungan yang terdapat dalam produk Synergy jadi pastikan Anda mengonsumsinya secara rutin dan jangan lupa untuk menghindari makanan manis dan produk susu ya!

Produk Terkait:

Chlorophyll Plus
Spirulina
Peppermint Oil
Garlic

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Judi Online
Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook