Kulit Kepala Sensitif Sebabkan Rambut Ketombe, Benarkah?

Masalah yang sering menghampiri rambut, selain rambut rontok adalah ketombe. Ketombe merupakan masalah rambut yang seringkali dialami oleh sebagian orang. Untuk yang mengalami ketombe ringan, hal ini dapat dengan mudah diatasi menggunakan sampo biasa dengan bahan yang lembut. Namun jika ketombe ini tak kunjung hilang, ketombe ini seringkali dianggap sebagai bentuk ringan dari dermatitis seboroik.

Meskipun ketombe bukanlah masalah kesehatan yang serius, namun ketombe seringkali kehadirannya mengganggu dan membuat kita merasa kurang percaya diri, dan ketombe ini seringkali sulit untuk diatasi. Munculnya ketombe ini disebabkan oleh kulit kepala yang mengelupas. Lalu apa yang menyebabkan kulit kepala mengelupas?

Ketombe yang Dipicu Kulit Kepala Sensitif

Salah satu yang menyebabkan munculnya ketombe salah satunya adalah kulit kepala yang sensitif. Pada kulit kepala sensitif, ketombe muncul umumnya disebabkan oleh penggunaan sampo dan produk kepala yang kurang sesuai. Selain itu, cuaca dan udara dingin juga dapat memicu ketombe pada kulit yang sensitif.

Penyebab umum lainnya dari munculnya ketombe diantaranya adalah :

1. Jarang keramas dan menyebabkan sel-sel kulit menumpuk lalu memicu gatalnya kulit kepala
2. Kulit berminyak dan iritasi pada kulit, hal ini disebut dengan nama dermatitis seboroik yaitu ketika bentuk ketombe lebih parah
3. Munculnya malassezia atau yang sering disebut jamur, hal ini dapat memperburuk kulit kepala dan tumbuhnya sel kulit berlebih
4. Produk perawatan kulit pribadi juga dapat menyebabkan terjadinya dermatitis kontak yang menyebabkan kulit kepala kemerahan dan gatal

Ketombe ini sendiri cenderung lebih sering dialami oleh pria. Selain itu, seseorang dengan kulit kepala yang berminyak atau memiliki penyakit tertentu seperti HIV atau Parkinson juga memiliki resiko lebih besar terhadap ketombe.

Bagaimana Cara Mengobati Ketombe ?

Jika ketombe yang dialami masih terasa ringan, kita dapat mengatasinya dengan cara membersihkan kulit kepala setiap hari dengan sampo yang berbahan lembut agar mengurangi penumpukan sel kulit mati dan minyak pada kulit kepala. Jika hal ini masih kurang membantu, kita dapat mengatasinya dengan cara menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, selenium sulfida, pyrithione zinc, atau ketuconazole.

Untuk menemukan sampo yang cocok memang tidak mudah, perlu mencoba lebih dari satu sampo dan dibutuhkan kesabaran. Jika yang dirasakan kulit kepala gatal, terbakar atau kemerahan, menyengat ketika menggunakan suatu produk, segera hentikan pemakaiannya. Gunakan sampo sesuai dengan saran penggunaan yang tertera dalam kemasan untuk manfaat yang lebih optimal.

Perawatan Lain untuk Rambut Berketombe

Selain memilih penggunaan sampo yang tepat, ada beberapa langkah lain yang dapat dilakukan dalam mengatasi rambut rontok seperti:

1. Mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seng, dan jenis lemak tertentu dapat membantu dalam upaya mencegah datangnya ketombe
2. Berjemur dengan sedikit sinar matahari. Sinar matahar dianggap baik untuk rambut yang berketombe. Namun jangan terlalu lama ya, karena paparan sinar ultraviolet juga dapat merusak rambut
3. Mengelola stress. Meskipun sulit dipercaya, namun stress juga dapat memengaruhi kesehatan sehingga kita menjadi rentan terhadap beberapa kondisi kesehatan tertentu.
4. Mengonsumsi suplemen yang merawat kulit kepala. Konsumsi Synergy Radiance yang mengandung empat herbal yaitu tanaman dulse, herbal horsetail, daun rosemary, dan daun sage yang dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit rambut karena menyediakan silica alami dalam jumlah tinggi serta nutrisi lain yang penting untuk sintesa kolagen dan membantu memperbaiki struktur DNA pada kulit.

Tidak hanya berguna untuk rambut yang berketombe, kandungan dalam Synergy Radiance juga dapat membantu menjaga kekenyalan kulit, membantu meningkatkan kesehatan dan keutuhan kulit dan kuku, sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antimikroba, dan memiliki fungsi detoksifikasi. Yuk jangan tunda, dapatkan rambut sehat berkilau sekarang juga!

Produk yang disarankan :

Radiance

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Judi Online
Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook