Penyebab Flek Hitam, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Flek Hitam, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Apa itu Flek Hitam?

Ephelis atau yang lebih kita kenal dengan flek hitam adalah istilah untuk kumpulan melanin atau pigmen alami yang berisi melanosome. Flek hitam ini biasa muncul pada bagian kulit wajah, meskipun tetap memungkinkan untuk muncul di bagian lain seperti misalnya bahu dan lengan. Pada orang-orang berkulit cerah, flek hitam lebih mungkin muncul dan terlihat. Sebenarnya flek hitam ini merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak membahayakan bagi pengidapnya.

Apa Gejala Flek Hitam?

Gejala yang dialami untuk flek hitam adalah mulai munculnya titik noda atau bercak berwarna cokelat terang yang cukup merata. Flek hitam akan semakin banyak muncul jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang menyebabkan inflamasi atau istilahnya adalah sunburn freckles. Namun flek hitam ini juga akan memudar seiring dengan berkurangnya intensitas terhadap paparan sinar matahari.

Apa yang Menyebabkan Flek Hitam?

Kemunculan flek hitam disebabkan oleh meningkatnya produksi melanosome pada melanin yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Melanin sendiri merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, rambut, mata, dan bagian tertentu pada telinga manusia. Kulit akan berwarna lebih gelap dibandingkan sekitarnya pada bagian yang memiliki lebih banyak melanosome. Jika terpapar sinar matahari, flek hitam akan bertambah gelap sehingga untuk orang yang memiliki kecendrungan mengidap flek hitam, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya.

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam adalah faktor geografis. Bagi orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa, akan lebih tinggi kemungkinan memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuhnya terhadap sinar matahari, hal inilah yang menyebabkan masyarakt yang hidup di sekitar garis khatulistiwa memiliki kecendrungan berkulit gelap karena dipengarahui karakteristik melanin yang mampu menyerap sinar matahari sekaligus menghalau radiasi UV.

Tidak hanya itu, terdapat faktor lain yang dapat menyebabkan flek hitam yaitu bawaan genetik. Orang-orang dengan rambut pirang dan kulit cerah adalah yang paling rentan mengalami flek hitam. Selain itu, flek hitam ini juga biasa muncul pada orang tua dan disebut dengan sun spot atau liver spot.

Bagaimana Cara Mengobati Flek Hitam?

Munculnya flek hitam akan cukup sulit untuk dihilangkan, beberapa orang dapat melakukan terapi laser sebagai upaya untuk menghilangkannya. Selain itu, pengidapnya juga bisa menggunakan make up untuk menyamarkan bitnik hitam tersebut jika dirasa mengganggu penampilan.

Apakah Flek Hitam Dapat Dicegah?

Meskipun flek hitam merupakan bawaan dari gen, namun bukan tidak mungkin seseorang yang tidak memiliki gen namun terlalu lama terpapar sinar matahari memiliki flek hitam. Sehingga flek hitam ini dapat dihindari dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 50. Untuk orang-orang berkulit cerah, penggunaan tabir surya ini juga semakin penting karena untuk menghindari radiasi UV yang berisiko menimbulkan penyakit kanker kulit.

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan topi lebar dan pakaian nyaman yang mampu melindungi tubuh dari sinar matahari. Usahakan untuk menghindari berada di luar ruangan saat matahari sedang terik-teriknya, yaitu pada pukul 10.00 hingga 14.00.

Tidak lupa untuk melengkapi perawatan kulit menggunakan Trulum All in One Ampule. Trulum All in One Ampule merupakan gabungan dari rangkaian produk Toner, Day Cream, Brightening Serum, Eye Cream dan Night Cream dalam satu kali pemakaian. Kandungan dalam Trulum All in One Ampule seperti Lactococcus ferment lysate, Niacinamide, Adenosine, vitamin E dan C, ekstrak daun jojoba, ganggang merah, ekstrak oat, dan ekstrak bunga daisy dapat membantu menyamarkan pigmentasi atau flek secara bertahap dan membantu meremajakan dan melindungi kulit.

Tidak hanya itu, menggunakan Trulum All in One Ampule pada pagi dan sore hari setiap hari, dapat membantu mengurangi kerutan/keriput pada kulit, membantu mencerahkan kulit secara alami, membantu meningkatkan kehalusan dan kelembaban kulit, membantu meningkatkan kekenyalan dan kekencangan kulit, dan membantu menjaga kesehatan kulit wajah alami.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook