Saat WFH Mata Terasa Pegal, Coba Atasi dengan Cara Ini

Anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan perkantoran secara WFH (Work From Home) telah dilakukan selama kurang lebih 7 bulan lamanya masih terus dilakukan, terkait kondisi dari pandemi yang belum mereda hingga waktu yang belum ditentukan. Tak jarang, saat WFH banyak karyawan yang mengeluhkan mata sering terasa pegal karena terlalu lama berada di depan laptop. Tidak hanya pegal, bahkan sebagian orang merasa matanya memerah, kering, hingga gatal. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Atur Jarak Mata dengan Laptop
Ketegangan mata merupakan resiko yang mungkin saja terjadi pada seseorang yang menatap layar laptop berjam-jam. Ketegangan mata ini sendiri tidak boleh disepelekan karena dapat memicu kerusakan mata. Atur jarak laptop dengan mata minimal 50 sentimeter, apabila dirasa kurang terlihat dapat disesuaikan ukuran font dan cahayanya. Pastikan layar laptop berada 30 derajat setinggi dengan mata.

2. Penyesuaian letak layar laptop ini berguna untuk mengurangi stress mata serta mencegah posisi leher ataupun bahu menjadi bungkuk, tidak hanya stress pada mata yang berkurang, hal ini juga dapat mengurangi pegal-pegal.

3. Ubah Ukuran Font
Seperti yang telah disebutkan, tidak hanya jarak mata dengan laptop, ukuran font juga harus disesuaikan. Menggunakan ukuran font yang lebih besar cenderung akan lebih mengurangi ketegangan pada mata.

4. Sering Berkedip
Berkedip? Apa gunanya? Berkedip dapat membantu melembabkan mata serta menghindari mata menjadi kering. Lupa berkedip juga bisa jadi pemicu munculnya masalah seperti gatal, kering, ataupun penglihatan berfluktuasi. Dianjurkan agar berkedip sebanyak 10-20 kali setiap menitnya.

5. Mengatur Cahaya Ruangan
Ternyata pencahayaan ruangan juga berperan penting untuk kesehatan mata. Jangan sampai ruangan yang kita gunakan terlalu terang ataupun terlalu gelap

6. Mengatur Waktu Tidur
Tidur adalah kebutuhan utama manusia, ada seorang nutrisionis mengatakan, manusia lebih tahan tidak makan satu minggu dibanding tidak tidur satu minggu. Karena saat tidur hormon yang memberi keseimbangan seluruh metabolisme tubuh, ketika kita begadang maka mata tidak bisa bekerja dengan optimal. Baik saat melihat obyek, lalu mempersepsikannya, apalagi melakukan apa yg ditangkap mata. Maka daapt dipastikan ketika bekerjapun mata akan lebih lelah.

Produk yang disarankan :

Mistica

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href=""> <abbr> <acronym> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Send a Message
WA Chat +6281999287857
Facebook